Rabu, 01 Januari 2020

Mencegah Ular Masuk Rumah | Anda Bisa Menanam Jenis Tanaman ini

SEPUTAR HOBI - Akhir-akhir ini beberapa warga Jabodetabek dibuat takut dengan maraknya ular yang masuk ke rumah. Nah, ternyata ada beberapa tanaman untuk mencegah ular datang di rumah Bunda lho.

Sebagian besar tanaman untuk mencegah ular datang memiliki aroma yang kuat. Ular tidak suka dengan aroma-aroma tersebut. Namun, perlu diperhatikan juga nih penataannya. Salah satu cara menata tanaman untuk mencegah ular yaitu membuatnya seperti pembatas. Misalnya, tumbuhan bawang ditanam di sepanjang pagar.


"Jika penataan ini dibuat, ular tidak suka melewati bau bawang dan memutuskan untuk pergi ke tempat lain. Hal yang sama juga dapat diterapkan pada tanaman marigold," saran David Nkwanga dikutip dari New Vision.

Tanaman untuk mencegah ular datang terbilang murah dan mudah dirawat kok. Berikut tanaman untuk mencegah ular yang HaiBunda rangkum dari berbagai sumber.

1. Marigold

Marigold umumnya ditanam untuk mencegah datangnya hama. Akar dari tanaman ini bisa mencegah kehadiran tikus tanah.


Akar marigold mengeluarkan bau kuat yang bisa mengusir banyak hama dan binatang di kebun. Bau yang kuat dari marigold akan membuat hama tidak mau tinggal di situ. Selain itu, warna yang cantik dari bunga marigold bisa membuat kebun lebih berwarna.

2. Lidah mertua (sansivera)

Tanaman lidah mertua bisa mengusir ular karena daunnya yang tajam. Daun lidah mertua terlihat menyeramkan bagi ular.


Menanam lidah mertua juga tidak sulit kok, Bun. Tanaman ini hanya butuh disiram tiga kali seminggu dan dapat hidup hingga bertahun-tahun. Lidah mertua digunakan untuk mencegah ular di iklim panas maupun dingin.

3. Serai India Barat

Serai menghasilkan aroma jeruk yang tidak disukai ular. Serai India merupakan salah satu tanaman terbaik untuk mengusir ular, nyamuk, bahkan kutu.

Pemeliharaan serai India cukup mudah. Tanaman ini hanya butuh sering disiram ketika daunnya mulai mengering.

4. Bawang putih

Tanaman bawang putih sudah digunakan untuk mengusir ular oleh orang-orang Mesir Kuno, Yunani, dan Romawi. Ular tidak suka melata di atas daun-daunan. Minyak yang dilepaskan bawang putih bisa membingungkan ular ketika melata di atasnya.

5. Lavender

Tanaman lavender memiliki aroma yang kuat. Tikus dan hewan pengerat lainnya tidak akan suka dekat-dekat dengan tanaman lavender. Bau tidak sedap dari lavender akan mencegah datangnya ular.


SEMOGA BERMANFAAT....


Previous Post
Next Post

0 comments: