Senin, 08 Agustus 2016

Bisnis Sarungan Hasil Karungan | Cara Mudah Budidaya Kroto yang Benar

Seputar Hobi - Cara Budidaya Kroto Semut yang Benar. Berikut adalah beberapa tips cara berternak atau membudidayakan kroto yang baik dan benar :

Cara Mudah Budidaya Kroto yang Benar
Cara Mudah Budidaya Kroto yang Benar
Tahap Persiapan :

Sebelum kita membudidayakan kroto semut, terlebih dahulu hal yang paling penting adalah tahap persiapan, yang mana tahap persiapan ini hal yang paling penting dan perlu diperhatikan :

  • Persiapan Mental, niat yang bulat bahwa kita sudah bulat untuk memulai usaha ini. Kita sudah tahu prospeknya ke depan, karena dari tekad yang kuat akan menghasilkan sesuatu yang bagus. Ini merupakan hal utama sebelum memulai budidaya kroto.
  • Analisa Usaha Kroto, perlu kita petakan terlebih dahulu perencanaannya supaya ketika kita melaksanakan usaha sesuai dengan yang diharapkan. Prospek kedepannya seperti apa, mulai dari penerimaan pendapatannya dan biaya-biaya yang harus disiapkan.
  • Persiapan Ilmu Pengetahuan, ilmu tentang budidaya kroto ini sangat penting, kita dapat mendapatkannya melalui pelatihan, internet, buku, konsultasi atau pun dimana saja yang penting kita sudah tahu ilmunya.
  • Persiapan Tempat Budidaya, yang perlu dipersiapkan adalah lokasi tempat yang cocok dan sesuai untuk budidaya, dapat di area tanah di luar rumah maupun di dalam rumah, yang jelas nanti sarang semutnya tidak terkena sinar matahari langsung dan suhunya kisaran antara 24’ – 31’ Derajat Celcius. 



  • Persiapan Perlengkapan, dalah hal ini adalah rak tempat budidaya kroto (bisat terbuat dari bambu atau kaso bertingkat) dan media sarang (toples, Bambu, pipa paralon, dus, bekas botol air mineral, dan sebagainya).



Tahap Pemeliharaan :

  • Pengecekan Rak, perlu diperhatikan bahwa rak yang dipergunakan untuk budidaya kroto semut ini tiap kaki raknya harus dikasih toples atau ember yang diberi air atau oli supaya semut tidak kabur, atau bisa juga disediakan kolam air di bawak raknya.
  • Memberi Pakan, Pakan semut rangrang dapat berupa serangga seperti ulat hongkong, jangkrik, belalang atau serangga lainnya yang memiliki nutrisi protein lebih dari 80%.



  • Memberi Minum, Minum yang manis dengan menggunakan air gula, bisa juga madu. untuk komposisi gula ¼ kg gula pasir dicampur dengan 1 botol aqua 1.5 liter. Untuk pemberiannya sedikit-sedikit disesuaikan dengan kebutuhan minum semut.
  • Pengecekan Suhu, suhu ruangan/ kandang budidaya kisaran antara 24’ – 31’ Celcius


Tahap Panen :

Metode panen ada beberapa cara yang dapat kita lakukan :

  • Panen dengan metode dirusak sarangnya semua, kelebihannya ini dapat menghasilkan kroto lebih banyak, tapi kelemahannya akan lama lagi proses pemanenan kroto pada periode selanjutnya dikarenakan semut harus membuat kembali sarangnya mulai dari awal lagi pada media.
  • Panen dengan cara merusak sarang sebagian, misalnya dengan menggunakan bambu bilah kecil untuk menusuk sarang yang kemudaian kroto semut akan keluar melaui tusukan bambu tersebut, kelebihannya semut lebih cepat untuk menghasilkan kroto lagi pada periode selanjutnya, kekurangannya hasil panen biasanya cenderung lebih sedikit dibandingkan dengan metode cara pertama.

Demikian sedikit tips, Mudah mudahan artikel ini bermanfaat.
Previous Post
Next Post

0 comments: