Rabu, 08 Januari 2020

5 JENIS TANAMAN AQUASCAPE YANG PALING MUDAH PERAWATANNYA BAGI PEMULA

SEPUTAR HOBI - Sebagian besar dari kamu mungkin mengenal tanaman aquascape sebagai tanaman hias yang diletakkan bersama ikan-ikan dalam akuarium.

Tapi, tahukah kamu bahwa belakangan ini tren “aquascaping” menjadi populer? Untuk kamu yang masih asing dengan istilah ini, aquascaping singkatnya merupakan berkebun tanaman aquascape di dalam air. 

https://inihobimu.blogspot.com/2020/01/5-jenis-tanaman-aquascape-yang-paling.html

Dalam aquascape, terdapat beberapa elemen yang harus diperhatikan, misalnya elemen batu, karang, koral, hingga layout akuarium. Apabila kamu tertarik untuk menekuni hobi berkebun tanaman aquascape, kamu bisa memulainya dengan berkebun tanaman yang paling mudah perawatannya.

5 jenis tanaman aquascape yang bisa dipilih pemula
Penasaran apa saja jenis tanaman aquascape yang bisa dipilih? Berikut 5 rekomendasi yang bisa anda coba dirumah :

Java Moss

Salah satu tanaman yang paling umum di dunia aquascaping. Sebab, java moss sangat toleran dari segi cahaya dan suhu. Java moss bisa hidup dengan semua jenis cahaya, dan mampu menerima semua jenis suhu, mulai dari 21 derajat celcius hingga 32 derajat celcius. Java moss biasa tumbuh di kayu apung atau bebatuan.

Lilaeopsis

Lilaeopsis memiliki bentuk yang mirip dengan rumput. Tanaman ini bisa tumbuh dengan cepat hingga mencapai 5 cm. Lantaran pertumbuhannya yang cepat, kamu harus rajin-rajin memangkasnya agar tak menyerang tanaman lain yang berada di sekitarnya. 

Dwarf Baby Tears

Tanaman satu ini paling banyak dijadikan tanaman karpet pada akuarium. Kemampuannya dalam menghasilkan daun yang lebat lah penyebabnya. Daun-daunnya yang kecil juga sangat ideal digunakan ketika ikan berkembang biak. Supaya tumbuh maksimal, akan lebih baik jika tanaman ini mendapat pencahayaan maksimal.

Water Wisteria

Water wisteria memiliki daun yang bentuknya menyerupai renda. Tinggi ukuran daunnya akan tergantung pada suhu air. Tapi idealnya, tanaman ini tumbuh dalam suhu air 23-28 derajat celcius. Keunggulannya, water wisteria bisa tumbuh pada pencahayaan sedang dan tanpa bantuan CO2.

Amazon Sword

Amazon sword paling banyak digunakan untuk latar belakang akuarium. Sesuai namanya, amazon sword memang berasal dari sungai Amazon dan berbentuk seperti pedang. Daunnya yang panjang dan tajam disukai oleh ikan-ikan sebagai tempat bersembunyi. Perawatannya pun terbilang mudah. Cukup pastikan suhu air berada pada 22-28 derajat celcius dengan cahaya yang sedang dan tanpa CO2.

Itu dia sejumlah tanaman aquascape yang cocok untuk ditanam oleh pemula, karena perawatannya yang mudah. Untuk mempercantik tampilan rumahmu, tak ada salahnya mencoba hal baru!
Previous Post
Next Post

0 comments: