Rabu, 10 Agustus 2016

Bingung Mau Usaha Apa ?? Ini Dia Tips Budidaya Lobster Air Tawar yang Mudah untuk Pemula

Seputar Hobi - Cara budidaya lobster air tawar memang cukup menjanjikan. Pasalnya, belum banyak orang yang membudidayakan lobster sementara permintaannya semakin hari semakin bertambah. Lobster pun sekarang sudah bisa dikembangkan di lokasi yang Anda pilih. Anda bisa membudidayakan lobster di kolam tanah maupun terpal. Hanya saja, Anda harus melakukan perawatan dengan cermat agar budidaya lobster dapat berhasil serta menguntungkan untuk Anda. Penasaran dengan cara sederhananya? Kami akan sajikan dalam artikel ini.

Tips Budidaya Lobster Air Tawar
Tips Budidaya Lobster Air Tawar
  • Pertama, habitat lobster

Hal pertama yg harus Anda tentukan adalah habitat dari lobster air tawar tersebut. Apakah Anda akan membudidayakan lobster di kolam tanah, akuarium, kolam semen, atau kolam terpal. Anda perlu menyiapkannya dengan seksama serta sebenar-benarnya. Namun begitu terpenting adalah Anda harus memberi air seminggu sebelum penebaran benih lobster ke dalamnya. Khususnya jika Anda menggunakan air PAM yg mengandung kaporit. Dengan membiarkannya selama 1 minggu, maka bisa menghindarkan serta membersihkan air tersebut dari kaporit serta bau air dari tanah.
  • Kedua, pemberian pakan

Namun paling penting dalam perawatan lobstr di air yg tawar tersebut adalah bagaimana Anda bisa memberikan pakan sesuai ukuran yg mereka butuhkan, bahkan lebih. Hal tersebut karena dalam budidaya lobster air  memiliki sifat kanibalisme seperti halnya lele. Ketika asupan makanan kurang, maka yg akan menjadi santapan mereka adalah temannya sendiri. Untuk mencegah kekurangan asupan makanan, sebaiknya, Anda beri paralon di dasar kolam. Baik itu kolam akuarium maupun kolam semen serta tanah, paralon tersebut akan sangat berguna bagi lobster yg sedang berkembang biak di dalamnya. Sebab paralon tersebut bisa digunakan sebagai tempat bersembunyi lobster yg kecil dari lobster yg lebih besar serta akan memangsanya. Di paralon tersebut juga bisa Anda buat ventilasi udara supaya bisa mendukung kesuksesan cara mudah budidaya lbster di air yg tawar tersebut.

Hewan air yg satu ini mengalami pergantian kulit sama dengan ular. Pada saat pergantian kulit inilah saat di mana lobster sangat lemak serta bisa menjadi sasaran pakan saat asupan makanan berkurang. Namun saat pergantian kulit selesai, ukuran lobster biasanya akan bertambah besar. Pemberian pakan baiknya dilakukan 2 kali sehari, yakni pagi serta sore hari menjelang malam. 

Makan yang bisa diberikan adalah;
  1. Pellet
  2. Jagung basah diparut serta sayuran lain
  3. Ketela pohon diparut
  4. plankton

  • Ketiga, pemilihan bibit

Bibit bisa didapatkan dengan mengawinkan lobster betina serta jantan yg bisa dibedakan berdasarkan warna capitnya. Untuk bibit terbaik, sebaiknya pilih yg ukurannya 1 inci hingga 2 inci. Lalu dimasukkan dalam kolam pembesaran. Jangan lupa pasang kincir supaya gelembung udara lancar. Sebagai pengganti kincir, Anda juga bisa menggunakan aerator.

Sumber : http://www.artikel.web.id/
Previous Post
Next Post

0 comments: